agen poker online domino poker online
Home » viral » Ternyata Banyak loh Kegunaan Air Kapur Sirih dalam Masakan

Ternyata Banyak loh Kegunaan Air Kapur Sirih dalam Masakan

Beliberita.com – Artikel kali ini akan membahas mengenai kuliner, yaitu kegunaan air kapur sirih. Nah sebenarnya apa sih kapur sirih itu?

Kapur sirih adalah endapan yang dihasilkan dari proses merendam batu. Pada hakekatnya, sama seperti jenis kapur lainnya, kapur sirih juga berasal dari bebatuan jenis gamping yang diperoleh dari gunung kapur.

Dan ternyata, kapur sirih ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dalam memasak loh.

Mau tahu untuk apa saja sih kegunaan air kapur sirih? Simak ulasan berikut.

1. Keripik

Segala macam jenis keripik bakal lebih garing dan renyah jika direndam dulu dalam air kapur sirih sebelum digoreng.

Cuci bersih terlebih dahulu irisan tipis bahan keripik yang akan dibuat. Setelah itu, rendam dengan air kapur sirih yang sudah diencerkan dan diambil bagian beningnya saja selama 1 jam.
Kemudian tiriskan, lalu goreng hingga kering. Keripik yang kamu buat pun bakal lebih garing dan renyah.

2. Kacang Goreng

Kacang goreng akan jauh lebih renyah kalau sebelumnya direndam dulu dalam air kapur sirih.

Rendam kacang tanah kupas dengan menggunakan garam, sedikit air kapur sirih, dan bawang putih semalaman sebelum digoreng. Jangan lupa untuk sering mengaduk kacang saat digoreng agar matangnya merata.

3. Lumpia

Kulit lumpia juga teksturnya lebih kuat dan tidak mudah sobek kalau ditambahkan air kapur sirih di adonannya. Tambahkan sedikit air kapur sirih pada adonan kulitnya.

Cara ini akan bikin kulit lumpia nggak rapuh, teksturnya baik, dan nggak gampang putus atau robek.

Baca juga: 6 Trik Menggoreng Kulit Ayam agar Gurih dan Renyah

 

4. Klepon dan Cendol

Saat mengolah adonan klepon atau cendol, tambahkan beberapa sendok air kapur sirih untuk bikin adonan jadi lebih kesat dan kenyal. Klepon dan cendol yang dihasilkan pun akan lebih enak dan nggak mudah hancur.

5. Es buah, Koktail, atau Manisan lainnya

Air kapur sirih juga bisa digunakan untuk merendam potongan buah-buahan agar lebih kesat dan padat saat digigit. Jenis buahnya pun bisa macam-macam seperti mangga, salak, apel, melon, leci, jambu, bahkan lidah buaya yang bisasanya diolah jadi es buah, koktail atau manisan.

6. Lontong

Tambahkan sedikit air kapur sirih ke dalam beras yang akan dibuat jadi lontong atau ketupat. Lalu diamkan beras yang sudah diberi air kapur sirih selama kurang lebih 60 menit sebelum dibungkus.

Air kapur sirih bikin tekstur lontong atau ketupat jadi lebih kenyal dan tahan lama.

7. Rempeyek

Cukup gunakan 1/4 bagian kapur sirih yang dilarutkan dengan segelas air lalu tunggu hingga mengendap, ambil air bagian beningnya saja, dan campurkan ke dalam adonan rempeyek yang kamu buat sebelum digoreng. Niscaya hasilnya nanti bakal lebih renyah.

Nah ternyata banyak kan kegunaan air kapur sirih dalam masakan? Namun kamu juga harus perhatikan takarannya. Karena penggunaan kapur sirih yang berlebihan justru bikin makanan jadi terasa pahit dan getir khas kapur.

Semoga bermanfaat ya.. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*