agen poker online domino poker online
Home » Nasional » Panglima TNI Ziarah ke Makam Soeharto di Kaki Gunung Lawu

Panglima TNI Ziarah ke Makam Soeharto di Kaki Gunung Lawu

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo lakukan ziarah ke makam sejumlah tokoh seperti Presiden RI pertama, Sukarno dan Presiden ke-4, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Setelah itu, Gatot termasuk menyempatkan ziarah ke makam Presiden ke-2, Soeharto di Astana Giribangun, Karanganyar.

Ziarah yang dilakukan Gatot termasuk diikuti seluruh kepala staf angkatan dan juga para panglima komando.

Kedatangan Panglima TNI dan rombongan disambut perwakilan keluarga mantan penguasa Orde Baru, Ari Sigit Suharto yang merupakan tidak benar satu cucu Soeharto.

Setelah rehat sejenak di daerah transit, Gatot beserta rombongan langsung masuk ke kompleks makam Astana Giribangun. Selanjutnya, ia lakukan peletakan karangan bunga di depan batu nisan makam Soeharto.

Sebelum pembacaan tahlil, Ari Sigit membacakan kata sambutan sebagai tuan rumah. Ia pun mengucapkan banyak menerima kasih kepada Panglima TNI yang ziarah ke makam kakeknya di kaki Gunung Lawu tersebut.

Kemudian, acara dilanjutkan bersama dengan pembacaan tahlil dan doa yang dipimpin juru kunci Astana Giribangun, Sukirno. Acara ziarah berikut ditutup bersama dengan pengalungan bunga di batu nisan dan juga tabur bunga di makam Soeharto dan Ibu Tien Soeharto.

Gatot menjelaskan ziarah ini merupakan satu rangkaian dari kegiatan ziarah ke makam tokoh yang pernah jadi presiden. Sebelumnya, pada Senin, 18 September 2017, Gatot beserta rombongan termasuk ziarah ke makam Bung Karno di Blitar dan Gus Dur di Jombang, Jawa Timur.

“Hari ini, kami ziarah ke makam Jenderal Besar Muhammad Soeharto di Giribangun. Tujuannya singgah ke sini untuk berdoa,” kata Gatot di Astana Giribangun, Karanganyar, Selasa, 19 September 2017.

Dijelaskan dia, kegiatan ini termasuk dilakukan untuk mengenang perjuangan Soeharto baik pas berjuang didalam pertempuran serangan umum 11 Maret sampai jadi Presiden.

“Beliau itu memimpin serangan umum 11 Maret bersama dengan sukses. Untuk aku dan prajurit agar sanggup meneladani perjuangan beliau,” tuturnya.

Dari kegiatan ziarah ketiga makam mantan presiden itu, Gatot sanggup lihat dari dekat pengaruh yang luar biasa dari keberadaan makam tersebut. Pasalnya, kuantitas pengunjung yang berziarah ke makam para presiden itu meraih 1.000 orang tiap-tiap harinya.

“Banyaknya pengunjung jadi para tukang ojek sanggup makan, penjual nasi sanggup makan, penjual bunga sanggup makan. Pemilik tempat tinggal sanggup untuk penginapan,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*