agen poker online domino poker online
Home » Internasional » Mengerikan! Gelombang Panas Di Australia Nyaris Menyentuh 50 Derajat

Mengerikan! Gelombang Panas Di Australia Nyaris Menyentuh 50 Derajat

Beliberita.com, – Australia saat ini tengah menghadapi musim cuaca yang sangat ekstrim. Diperkirakan gelombang panas di Australia nyaris menyentuh 50 derajat Celcius.

Seperti dilansir The Guardian, Kamis (27/12), menurut Biro Meteorologi dan Perkiraan Cuaca Australia suhu di wilayah sebelah barat mencapai 49 derajat Celcius. Kondisi itu terjadi di daerah Marble Bar dan Pannawonica, Pilbara.

Dengan suhu yang ekstrim seperti ini, dicemaskan akan menciptakan kebakaran dengan sangat cepat terutama pada area hutan.

Pakar meteorologi Ashleigh Lange sebelumnya juga telah menjelaskan bahwa kondisi panas, kering dan berangin yang mendahului cuaca dingin akan meningkatkan bahaya kebakaran. Masyarakat diperingati agar tidak menyalakan api dan tetap waspada dengan kemungkinan terjadinya kebakaran ini.

Dengan adanya larangan total menyalakan api, kegiatan BBQ dengan bahan bakar padat dilarang, begitu pula tukang las hanya diperbolehkan dalam ruangan.

Penduduk juga diminta agar mengurangi kegiatan di luar rumah lantaran gelombang panas itu bisa mempengaruhi kesehatan mereka.

Gelombang panas itu menerpa kawasan barat dan selatan Australia, serta Negara Bagian New South Wales dan Queensland. Rata-rata cuaca panas di sana tercatat menyentuh angka 41 sampai 46 derajat Celcius.

Pemerintah Negara Bagian Victoria bahkan mengerahkan pemadam kebakarannya di pemukiman warga untuk menyemprotkan air agar dapat menurunkan suhu lingkungan. Diperkirakan gelombang panas akan menyapu Australia hingga Selasa pekan depan. Terutama di wilayah sebelah barat laut hingga selatan.

Kepala Dinas Kesehatan New South Wales, Jeremy McAnulty memperingatkan bahwa gelombang panas ini bisa menganggu ksehatan dan masyarakat diminta agar tetap waspada.

Gangguan Kesehatan Akibat Gelombang Panas

1. Heat Cramps (kram karena panas)

Olahraga merupakan aktivitas yang baik, namun tidak disarankan dilakukan saat musim gelombang panas.

Kejang otot dapat dialami saat ataupun setelah Andaberolahraga secara intens pada suhu udara yang tinggi.

Walau heat cramps bukanlah gangguan kesehatan yang serius, namun Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan agar individu yang mengalami hal tersebut segera menghentikan aktivitas dan menghidrasi tubuh dengan air.

Segera temui dokter bila Anda merasakan gangguan jantung atau nyeri tetap bertahan lebih satu jam.

2. Heat Exhaustion (kelelahan akibat panas)

Kondisi ini jauh lebih serius dari Heat Cramps. Umumnya kondisi ini muncul karena aktivitas fisik saat cuaca panas yang diiringi lembab.

Ketika mengalami heat exhaustion, seseorang akan mengalami keringat berlebih, nyeri otot, serta kejang. Saat kondisi semakin parah, individu tersebut juga bisa mengalami kelelahan, pusing, mual, sakit kepala, serta kulit dingin dan lembap.

Untuk mengatasi kelelahan akibat panas, CDC menyarankan untuk beristirahat di area yang sejuk, menghidrasi tubuh dengan air, serta mandi air dingin. Bila gejala berlangsung lebih lama dari satu jam dan individu tersebut mulai muntah, saatnya mencari bantuan medis.

3. Heatstroke

Heat stroke (sengatan panas), adalah kondisi ketika tubuh Anda mengalami peningkatan suhu tubuh secara dramatis dalam waktu cepat, dan Anda tidak dapat mendinginkan tubuh. Heatstroke bisa sangat berbahaya dan menyebabkan kerusakan otak, organ tubuh, serta otot, hingga kematian bila tak segera ditangani.

Kondisi kesehatan serius akibat cuaca panas ini terjadi saat suhu tubuh mencapai 40 derajat Celsius dan tak bisa menjaganya tetap dingin. Pada tahap ini, individu itu mungkin merasa kebingungan atau mengigau, berbicara cadel, atau detak jantung meningkat atau napas tersengal.

Siapa pun yang mengalami kondisi tersebut sebaiknya secara mencari pertolongan medis. Sementara itu, Mayo Clinic merekomendasikan agar orang tersebut mandi air dingin atau mendinginkan tubuh dengan es di tempat yang terlindung dari matahari sambil menunggu pertolongan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*