agen poker online domino poker online
Home » Nasional » Akankah Rupiah Mampu Bersaing Dalam Gempuran Dolar AS ?

Akankah Rupiah Mampu Bersaing Dalam Gempuran Dolar AS ?

Perlu kita ketahui bahwa dalam beberapa waktu ini, nilai tukar rupiah terus mengalami tekanan akibat dominasi penguatan dolar Amerika Serikat.

Menurut perwakilan kita yaitu Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo, untuk merespon kejadian ini, Bank Indonesia dengan seksama terus mengamati proses pergerakan yang terjadi terkait nilai tukar rupiah yang terus berlangsung.

Dengan kondisi ekonomi global yang terus mengalami pergerakan, nilai tukar rupiah pun ikut terdampak akan hal itu. Hal itu bisa terjadi karena sekarang di Amerika Serikat khususnya, sedang melakukan kebijakan moneter global dengan meningkatkan suku bunga dan kebijakan fiskal yang lebih ekspansif.

“Tentu saja dengan kebijakan-kebijakan yang dilakukan Amerika Serikat dapat berdampak kepada perekonomian di seluruh negara, termasuk kita di Indonesia. Jelas terlihat dengan pergerakan yang terjadi pada nilai tukar mata uang setiap negara”.

Akan tetapi, Bank Indonesia merasa tidak terlalu khawatir dengan hal ini. Dengan persiapan perekonomian Indonesia dan juga didukung serta oleh Pemerintah yang selalu bekerja sama dengan kami, diyakini kita mampu menghadapi persoalan ini dan menjawab setiap tantangan yang datang kepada kita.

Berikut beberapa indikator yang bisa diambil terkait pertahanan perekonomian kita :

  • Dalam kurun tiga tahun terkahir kita bisa menekan turun inflasi yang terjadi di Indonesia, Inflasi yang terjadi bisa kita kendalikan, terhitung sampai Februari 2018 inflasi hanya sebesar 0.79%(ytd) dan 3,18%(yoy). Diperkirakan juga sampai akhir tahun 2018, inflasi yang terjadi ada pada kisaran target 3,5% lebih kurang 1%.
  • Walaupun sekarang necara perdagangan di Februari mengalami defisit, BI mengambil kesimpulan di tahun 2018 ini defisit neraca akan berjalan dengan baik di kisaran 2,1 % dari PDB.
  • Dukungan dari pemerintah yang selalu mengambil dari prinsip prudent atau kewaspadaan dan konsistensinya, tentu membantu menambah daya gedor dalam perekonomian
  • Pandangan tentang ekonomi di Indonesia juga semakin baik. Dilihat dari respon invenstor dan juga rating kita semakin jauh lebih baik.
  • Beberapa perbaikan Fundamental makroekonomi dan didukung oleh pasar valas domestik yang semakin likuid, bisa disaksikan dengan apa yang terjadi di harian transaksi yang semakin besar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*